dok. Russia beyond

MASJIDAKBAR.COM– Sejak meletusnya Perang Ukraina-Rusia media massa banyak memberitakan tentang masyarakat di kedua. Yang dulu kita tahu Rusia dan Ukraina sebagai Uni Soviet yang tidak mengakui agama, ternyata banyak juga warganya yang memeluk Islam. Rusia sebagai negara bagian terbesar bekas Uni Soviet 10 persen dari penduduknya diperkirakan memeluk agama Islam. Sekitar 15 juta dari total 146,7 juta penduduk Rusia diketahui beragama Islam, 90 persen bermazhab Sunni, sedangkan sisanya adalah Syiah.

Seperti ditulis dalam About Islam, sebagaimana dikutip Republika, Rabu (16/3/2022), Islam pertama kali mencapai wilayah Kaukasus pada penaklukan Arab pada abad ke-7. Orang-orang Dagestan menjadi orang pertama yang menjadi Muslim di wilayah Rusia saat ini setelah masuk Islam pada abad ke-8. Islam diakui di bawah hukum dan oleh para pemimpin politik Rusia sebagai salah satu agama tradisional Rusia. Posisi Islam diakui sebagai agama besar Rusia, di samping Kristen Ortodoks sejak zaman Catherine the Great.

Menyusul jatuhnya rezim Tsar Rusia, Uni Soviet memperkenalkan kebijakan atheisme negara, yang menghambat praktik Islam dan agama lain dan menyebabkan eksekusi dan penindasan terhadap berbagai pemimpin Muslim. Tapi setelah runtuhnya Uni Soviet, Islam kini mendapatkan kembali ruang untuk berkembang dan diakui secara hukum dalam politik Rusia.

Melihat perkembangan yang terjadi di beberapa negara barat seperti Inggris yang warganya banyak masuk Islam, sangat besar kemungkinan hal yang sama juga akan terjadi di Rusia, makin banyak rakyat Rusia yang menjadi muslim. Semoga Allah memberi keberkahan kepada para muallaf di mana pun negara mereka. (ilh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here