MASJIDAKBAR.COM- Mendengar azan maghrib pada saat Ramadhan membuat banyak orang merasa senang. Karena itu pertanda kemenangan berpuasa hari itu. Segera setelah azan hal yang dilakukan adalah berbuka puasa. Dahulu Nabi Muhammad SAW memberi contoh dalam berbuka puasa. Dikisahkan bahwa Nabi Muhammad berbuka dengan kurma ruthob atau juga dengan kurma biasa.  Setelah itu, Nabi Muhammad SAW meminum air putih.

“Jika tidak ada (kurma ruthob), beliau dahulukan dengan kurma biasa, kalau tidak ada beliau mengkonsumsi air” jelas Ust Khalid Basalamah dalam salah satu konten Youtubenya. Tentang memakan kurma ini dikatakan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebelum air, walaupun kita dalam kondisi haus. “Jadi setelah memakan beberapa biji kurma dan meminum air, silahkan shalat magrhib, setelah itu baru konsumsi makanan berat, agar perut kita tidak kaget” katanya.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam berbuka puasa adalah makan secukupnya dan tidak berlebihan. Dan jangan lupa baca doa dan bismillah. “Dan jangan lupa saudaraku seiman membaca doa, “Bismillah” buka dengan itu dan keluarkan suaramu hingga kau sendiri mendengarkan, berapa banyak orang karena haus dan lapar yang ditahan seharian, sampai lupa mengucapkan Bismillah” ujar Uts Khalid.

Dalam hadis Riwayat Abu Daud, Rasullullah juga memiliki doa yang dibaca saat berbuka puasa yakni, “Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, Insya Allah”.  Artinya, “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, Insya Allah.” (ilh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here