MASJIDAKBAR.COM- Alquran merupakan kitab suci umat Islam. Namun Allah sebenarnya menurunkan kitab suci tersebut untuk seluruh umat manusia. Lalu bagaimana bagi non muslim yang ingin membacanya. Padahal untuk membaca Alquran harus dalam keadaan suci.

Sebagaimana disampaikan republika.co.id yang melansir laman aboutislam.net beberapa ulama telah menyebutkan bahwa tidak boleh membagikan Alqur’an dalam bahasa Arab dengan non muslim karena mereka yang menyentuhnya harus suci,  seperti yang disebutkan dalam surat Al Waqiah ayat 77-80, yang artinya, “Allah bersumpah bahwa sesungguhnya Al-Qur’an yang berisi tuntunan-Nya ini adalah bacaan yang sangat mulia. Wahyu Allah ini tertulis pada kitab yang terpelihara, yaitu Lauh Mahfuz yang selalu terjaga, sehingga tidak ada yang dapat menyentuhnya kecuali hamba-hamba-Nya yang disucikan. (Al-Qur’an) diturunkan dari Tuhan seluruh alam”.

Namun, Imam Maududi menyebutkan dalam tafsir, ‘Belum lagi dikatakan diturunkan oleh setan, atau dirusak dengan cara apa pun ketika diturunkan, tidak seorang pun kecuali para malaikat murni yang dapat mendekatinya ketika diturunkan dari orang-orang yang dijaga dengan baik. Lauhul mahfuz untuk Nabi .

Jadi, yang disucikan mengacu pada para malaikat. Dan cendekiawan lain telah mengatakan bahwa seorang muslim dapat berbagi Alqur’an dengan mereka yang tertarik untuk belajar dan menerima pesan dari Pencipta mereka, Allah SWT. Jadi kita dapat berbagi terjemahan Alqur’an dengan orang-orang yang  kita kenal memiliki minat untuk belajar, dan tahu bahwa mereka tidak akan menghina Alqur’an dengan cara atau bentuk apa pun.

Dan seorang muslim dapat memberi tahu mereka bahwa Alqur’an ini adalah firman  Allah bagi umat manusia, dan sangat dijunjung tinggi. Karena ini adalah firman langsung dari Allah SWT sehingga tidak boleh ditanggapi dengan santai tetapi dengan sepenuh hati sebagai hormat.

Juga, kita dapat berbagi audio Alqur’an dengan orang-orang untuk mendengarkannya melalui platform apapun, dan ini juga memiliki efek yang sangat kuat. (rep/syd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here