MASJIDAKBAR.COM- Sejak merebaknya kembali Covid Omricon awal 2022 dimana Kementerian Agama menginstruksikan kembali pengetatan Protokol Kesehatan untuk kegiatan beribadah di masjid-masjid, dampaknya sangat terasa. Salah satu instrukti itu adalah kotak amal tidak boleh dijalankan kepada para jamaah. Maksudnya kita maklum, agar tidak ada terpaan jejak tangan para jamaah di kotak amal guna menghindari penyebaran penyakit, termasuk kemungkinan penyebaran Covid-19 versi Omricon.

Maka, beberapa masjid termasuk di Masjid Akbar Kemayoran, kotak amal diletakkan di beberapa posisi masjid. Statis, alias diam dan tidak diedarkan. Akibatnya, banyak jamaah yang ‘malas’ mendekati kotak amal. Dampaknya, nyaris sedekah yang terkumpul dari jamaah sangat minim. Kondisi yang sama juga dialami di berbagai masjid lainnya. Tak heran muncul keluhan dari masjid-masjid, seperti yang ada di jalan raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang merasa terdampak yang menyebabkan berkurangnya pendapatan untuk membayar upah pekerja operasional masjid.

Seorang pengurus masjid itu mengungkapkan perolehan kotak amal hanya seperempat saja dari biasanya yang biasanya sekitar 8 juta rupiah hanya tinggal 2 jutaan saja. Begitulah. Sementara aktivitas masjid berjalan terus. Memang kegiatan ibadah di masjid tidak boleh berkurang atau ditutup. Justru seharusnya ketika seseorang sedang diberi banyak cobaan, seharusnya ibadahnya kepada Allah SWT juga semakin kuat. ‘

Untuk itu diperlukan solusi mencari cara supaya kegiatan peribadatan tidak berkurang. Beberapa cara bisa dipertimbangkan, berikut ini:

  1. Jamaah secara aktif mendekati kotak amal untuk memberikan sedekah secara langsung.
  2. Petugas masjid berkeliling dengan menggunakan kantung/sorban mengumpulkan sedekah jamaah. Petugas mengenakan masker dan tidak ada kontak langsung dengan jamaah.
  3. Masjid lebih aktif memberikan pengumuman dan mendorong para jamaah untuk menyalurkan amal jariyahnya melalui transfer bank
  4. Pemerintah memberi subsidi kepada masjid agar masjid bisa lebih meningkatkan kegiatan.

Selanjutnya, jamaah boleh mengajukan usulan bagaimana cara terbaik untuk memudahkan orang yang ingin bersedekah. Insya Allah dengan memberi akses sedekah yang lebih mudah akan lebih banyak dana yang terkumpul untuk mendukung kegiatan masjid. (sayadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here