MASJIDAKBAR.COM- Jika ditanya apa surat dalam Alquran yang paling sering Anda baca selain surat-surat pendek yang biasa dibaca saat shalat, hampir bisa dipastikan adalah surat Yasin. Karena surat Yasin kerap dibaca saat tahlilan dan ketika kita mendoakan orang tua dan saudara kita yang telah tiada.

Surat Yasin memang memiliki keutamaan yang besar dalam Islam sehingga patut untuk dibaca dalam banyak kesempatan, seperti sebelum tidur, saat berziarah kubur dan sebagainya. Dalam hadits riwayat al-Tirmidzi dan al-Darimi, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan sesungguhnya hati Alquran adalah Yasin, maka barangsiapa yang membacanya seakan ia membaca Alquran sepuluh kali”.

Keutamaan Surah Yasin juga dijelaskan dalam tafsir Imam Ibnu Katsir. Bahwa dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca Surah Yasin di malam hari, maka pada keesokan harinya ia diampuni. Siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (Surah Ad-Dukhan), maka di pagi harinya (dosanya) diampuni.”  Sedangkan dalam riwayat lain, yakni riwayat Ath-Thabrani dan Ibnu Mardawaih dari Anas RA, “Siapa yang membiasakan diri membaca Surah Yasin setiap malam, kemudian ia meninggal dunia, maka ia meninggal dalam keadaan syahid.”

Para ulama telah bersepakat, Alquran dengan semua surah dan ayat-ayatnya mengandung kebaikan dan keberkahan. Dan Surah Yasin adalah salah satu surah yang memiliki banyak riwayat tentangnya, sehingga membaca Surah Yasin adalah alasan untuk meminta ampunan dan menghapus dosa.

Keutaman Surah Yasin juga dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Jundab bin Abdullah. Dalam kitab hadits Imam Ibnu Hibban dijelaskan bahwa Jundab bin Abdullah berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca Surah Yasin pada satu malam karena mengharap ridha Allah SWT maka dosanya mendapat ampunan.”  Surah Yasin juga diutamakan dibaca untuk orang yang sudah mendekati ajalnya. Dari Maqil bin Yasar, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Surah Yasin untuk orang yang akan meninggal di antara kalian.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan An-Nasa’i)

Mayoritas ulama termasuk Imam Syafi’i, Imam Hanafi dan Imam Hambali juga berpendapat bahwa membaca Surah Yasin untuk orang yang telah dekat ajalnya adalah sunnah. Alasan mengapa sebagian besar ulama menganjurkan untuk membaca Surah Yasin untuk orang yang akan meninggal, karena isinya mengandung tauhid dan tempat berpulang, sehingga akan menjadi kabar gembira bagi orang beriman yang meninggal dengan diiringi Surah Yasin. (rep/ilh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here