SEORANG muslim salah satu kewajibannya adalah senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar dapat dikabulkan keingannya. Namun, ada waktu-waktu terbaik yang dapat dilakukan seorang hamba saat memanjatkan doa, salah satunya yakni ketika bersujud.

dalam beribadah, doa merupakan bagian yang paling mendasar. Dalam hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Doa adalah sesuatu yang sangat mendasar dalam ibadah.” (HR Tirmidzi). Seorang Muslim hendaknya selalu meminta kepada-Nya:

“Siapa yang tidak meminta kepada Allah, Allah akan marah kepadanya” (HR Bukhari).

Allah SWT berfirman: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Ghafir: 60).

Keadaan sujud merupakan saat yang paling dekat antara hamba dengan Allah SWT. Namun sayangnya sebagian Muslim ada yang terburu-buru ketika bersujud dan meninggalkan berdoa pada saat itu. Rasulullah SAW bersabda:

“Ketahuilah, aku dilarang membaca Alquran dalam keadaan ruku atau sujud. Adapun ruku maka agungkanlah Rabb Azza wa Jalla, sedangkan sujud, maka berusahalah bersungguh-sungguh dalam doa, sehingga layak dikabulkan untukmu.” (HR Muslim).

Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW bersabda:

“Keadaan seorang hamba yang paling dekat dari Rabbnya adalah ketika dia sujud, maka perbanyaklah doa.” (HR Muslim). (IslamWeb/Wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here